Wednesday, April 9, 2014

BAHASA DAN GAMBAR DALAM MEDIA PEMBELAJARAN

Apa sih bahasa itu??? Penting kah bahasa itu??? Perlu kah bahasa itu dalam media pembelajaran????
Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks. Dengan bahasa kita akan mendapatkan gagasan dan memberikan gagasan yang ada pada diri manusia.
Di dalam kehidupan kita sehari-hari, bahasa adalah alat komunikasi kita sebagai makhluk sosial. Baik itu melalui bahasa verbal maupun non verbal. Jadi menurut kalian, seberapa pentingkah bahasa itu dalam media pembelajaran???
Bahasa adalah aspek paling penting dalam media pembelajaran. Karena dengan bahasa maka tujuan pembelajaran akan tercapai. Komunikasi yang di bangun antara guru dan siswa dengan menggunakan bahasa dapat menyalurkan materi pembelajaran, motivasi, merangsang pola pikir siswa dan lain sebagainya, sehingga tujuan pembelajaran pun akan tercapai.
Ada beberapa karakter belajar pada anak yang perlu kita ketahui sebagai calon-calon guru. Tidaklah mudah untuk menjadi seorang guru, selain memikirkan tentang materi yang disampaikan kepada siswa, kemudian memikirkan bagaimana cara menyampaikan materi agar anak didik dapat menangkap materi yang disampaikan. Ya salah satu media yang tidak terlepas dalam dunia PBM (Proses Belajar Mengajar) adalah media bahasa. Media bahasa ini diterima pada audio dan visual. Nah daya serap seseorang dalam mengolah apa yang ia terima, lebih cepat dengan cara visual dan kinestetika yang tentu saja tidak mengindahkan daya serap audio.
Ya gambar...pada gambarlah visual akan bermain-main, dan dibarengi dengan bahasa melalui audio-visual. Dengan demikian maka akan tersampaikan tujuan pembelajaran tersebut rerlabih lagi dalam bahasa arab.
Media gambar yang digunakan ada yang bergerak bergerak dan tidak bergerak. Biasanya hal yang tidak bergerak itu sangatlah monoton, tidak terlalu menarik perhatian siswa, maka disanalah kreatifitas guru diperlukan. Guru meimajinasikan siswa dengan gambar yang ada padanya dengan mendeskripsikan lebih rinci lagi gambar yang ada padanya. Contohnya seorang guru membawa poster bentuk tubuh, siswa tidak akan mengerti bila hanya sekedar gambar itu ditempelkan atau dipegang guru tanpa disertai dengan penjelasan dari guru. Maka pelan-pelan guru menyampaikan pelajaran sambil menunjuk pada gambar kemudian sambil melafazkan bahasa arab anggota tubuh sambil menunjuk pada gambar atau tubuh guru sendiri. Apabila media gambar yang disampaikan berupa media gambar gerak/video, maka guru hanya sedikit demi sedikit menambah penjelasan disela-sela media gambar tersebut.

Dengan media gambar, keterbatasan ruang dan waktu dapat lebih efisien. Dapat lebih cepat diterima oleh siswa dalam memahami isi materi pembelajaran.

No comments:

Post a Comment